Jurnal: PEMANFAATAN METODE ITERASI MATEMATIS UNTUK PENGUJIAN KINERJA PROCESSOR

 Sekedar share saja, mengenang masa kuliah yang baru-baru ini selesai guwe jalanin. Judul mata kuliahnya adalah "Data Mining". Barangkali buat Mahasiswa IT, maupun Elektro butuh referensi atau apalah gitu.. hehehe.

BTW, ini adalah tugas data mining saya waktu kuliah dulu, silahkan di download yak.. tapi ingat jangan kebanyak copas, alias copy paste... cukup sebagai referensi saja...




PEMANFAATAN METODE ITERASI MATEMATIS UNTUK PENGUJIAN KINERJA PROCESSOR

Alfian Restu Cahyadi, Erwin
E1D110002, E1D110092

INTISARI
Teknologi processor sebagai piranti utama sistem komputer mengalami perkembangan
yang begitu pesat. Masing-masing vendor selalu memberikan resume terbaik dari produk yang dipasarkannya. Hal ini seringkali justru menimbulkan kebingungan para konsumen ketika menentukan pilihannya. Konsumen umumnya ingin mengetahui bagaimana kinerja masing-masing processor tersebut agar mendapatkan processor terbaik yang sesuai kebutuhannya. Kinerja sebuah processor sebenarnya dapat diuji menggunakan pemrograman matematis konvensional dengan metode iterasi. Ada tiga macam teknik yang dapat digunakan untuk menguji kinerja processor, yaitu MIPS, SPEC dan MFLOPS.
Penelitian ini akan menguji kinerja processor menggunakan metode MFLOPS (Mega
Floating Point per Second) yaitu berdasarkan kemampuan memproses perhitungan integer dan
real (32 bit) yang dilakukan dalam waktu satu detik. Pengujian dilakukan menggunakan empat buah operator matematis, yaitu penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (*) dan pembagian (/). Aplikasi dibangun dengan menggunakan compiler Borland Delphi 5.0. Aplikasi ini akan menghasilkan informasi penilaian yang menunjukkan kekuatan FPU (Floating Point Unit) processor sebagai co-processor yang terintegrasi sebagai sistem komputer. Aplikasi ini diperkuat dengan modul-modul deteksi processor melalui teknik pemrograman dalam kode assembler dan Win32 API. Hasil uji beberapa sistem komputer yang telah diuji sebelumnya juga disediakan sebagai informasi pembanding.

Kata kunci: Metode MFLOPS, iteration matematis, processor


link download: Jurnal data mining

Comments

Popular posts from this blog

Konsep Sistem Komponen Robot Manipulator

Sistem Kendali Digital Otomatisasi Pembangkit Tenaga Listrik

Spesifikasi Persyaratan Perangkat Lunak (SRS) Sistem Informasi Rental VCD & DVD