Spesifikasi Persyaratan Perangkat Lunak (SRS) Sistem Informasi Rental VCD & DVD
1. Pendahuluan
1.1. Tujuan Dokumen Persyaratan
Dokumen persyaratan dan spesifikasi sistem ini dibuat sebagai dasar prosedur dan langkah awal dari proses desain sistem informasi. Dokumen ini ditujukan untuk manager dan staff usaha rental. SRS ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kebutuhan fungsional dan non-fungsional dari Sistem yang akan dibuat pada Usaha Rental VCD dan DVD.
1.2. Ruang Lingkup
Sistem Ini adalah sebuah sistem yang menggantikan sistem pencatatan konvensional pada penyewaan DVD maupun VCD. Sistem konvensional yang dimaksud adalah sistem pencatatan secara manual pada semua penyewaan kaset dan laporan yang dihasilkan masih manual sehingga laporan data penyewaan dan informasinya masih belum actual dan akurat.
1.3. Definisi, Akronim, dan Singkatan
1.4. Referensi
DOC1, DOC2, DOC3.
1.5. Tinjauan Bagian Dokumen Berikutnya
Bagian 1 merupakan pendahuluan yang memperkenalkan spesifikasi sistem informasi ini kepada pembaca.
Bagian 2 dari dokumen SRS ini menjelaskan deksripsi umum dari sistem informasi.
Bagian 3 dari dokumen SRS ini menjelaskan lebih rinci tentang persyaratan khusus dari sistem informasi ini.
2. Deskripsi Umum
2.1. Perspektif Produk
Pada sistem yang dirancang ini, informasi yang dihasilkan merupakan informasi dimana pada sisi server terdapat operator yang melakukan penginputan data di server dan data-data tersebut disimpan kedalam database. Data inputan tersebut akan menghasilkan informasi pada sisi client yang nantinya dapat langsung dilihat oleh staff.
2.2. Fungsi Produk
Melalui sistem informasi ini, user dapat melakukan akses dengan beberapa fungsi layananan. Fungsi layanan dibagi dalam dua tipe fungsi sebagai berikut:
· Fungsi untuk staff yaitu: login, input data member, input judul film, input data jumlah DVD, input data jumlah VCD, input data penyewaan DVD&VCD, dan input data pengembalian DVD&VCD.
· Fungsi untuk manager yaitu: mencari judul film, melihat data penyewaan DVD/VCD, dan melihat data pengembalian DVD/VCD, serta melihat jumlah dan data-data member.
2.3. Karakteristik Pengguna
Pengguna sistem adalah Manager dan Staff. Manager merupakan Pemilik/Pimpinan Usaha Penyewaan DVD&VCD yang melakukan monitoring terhadap penyewaan DVD dan VCD. Sedangkan staff merupakan petugas/karyawan yang bertugas menginput seluruh data VCD&DVD serta menginput data-data member. Antar muka sistem dan tombol-tombol diharuskan berisi petunjuk penggunaan yang jelas. Pengguna dapat memahami penggunaan sistem tidak lebih dari satu menit. Persyaratan spesifik dijelaskan dalam poin 3.1.1 dan 3.3. Admin dan user/member akan mendapatkan pelatihan penggunaan sistem. Lihat poin 3.1.1.
2.4. Batasan-Batasan Umum
Staff dapat melakukan penginputan data dan update data VCD&DVD serta update data member, sedangkan manager hanya dapat melihat data penyewaan dan pengembalian DVD&VCD, serta melihat data-data member.
3. Persyaratan Khusus
3.1. Persyaratan Antar Muka Eksternal
3.1.1. Antar muka pengguna
Format layar antar muka untuk sistem yang dibangun berwarna biru. Tipe pengaturan layar menu adalah sekuensial (berurut) dengan urutan penyajian menu layanan diawali dengan halaman login, dan selanjutnya pengguna akan masuk pada menu utama dengan menentukan pilihan menu nya. Pilihan menu yang tersedia dan kegunaannya dijelaskan pada DOC 2. User diharapkan sistem yang dibuat dapat dipahami tidak lebih dari satu menit dan admin tidak lebih dari 10 menit.
3.1.2. Antar muka perangkat keras
Spesifikasi perangkat keras (Hardware) yang dibutuhkan untuk menjalankan program ini adalah:
A. Digunakan pada system operasi Microsoft Windows XP®, Microsoft Windows® NT, Microsoft Windows®2000
B. Pentium III-class or higher processor
C. 128 MB – 256 MB of RAM
D. Bisa digunakan untuk barcode render
E. Printer untuk mencetak kartu anggota dan laporan keuangan ataupun yang lain-lain
3.1.3. Antar muka perangkat lunak
Antar muka perangkat lunak lihat di DOC 2. Untuk antar muka yang menghubungkan antar muka pengguna dan basis data hanya diberikan untuk staff dan manager.
3.1.4. Antar muka komunikasi. Jaringan Kabel LAN.
3.2. Persyaratan Fungsional
Fungsi Staff
3.2.1. Login dengan user name dan password.
3.2.2. Pilih menu. Staff dapat memilih menu/fitur yang disediakan oleh sistem. Detail fitur dijelaskan dalam poin 3
3.2.3. Menu input data jumlah DVD & VCD.
Berupa data jumlah DVD & VCD yang tersedia dan DVD/VCD baru yang baru masuk.
3.2.4. Menu input data member.
Terdiri dari 3 pilihan menu, yaitu:
3.2.4.1. Tambah member
Admin dapat menginput username login dan password yang kemudian diberikan kepada member
3.2.4.2. Hapus member
Admin dapat menghapus data ataupun keanggotaan member aktiv.
3.2.4.3. Print Kartu anggota
Admin dapat mencetak kartu keanggotaan member untuk kemudian diberikan kepada member aktif.
3.2.5. Menu Laporan
Berisi menu data penyewaan dan pengembalian VCD/DVD oleh member.
Fungsi Manager
Update data Staff, Melihat data member, serta data pemasukan dan pengeluaran DVD&VCD.
3.3. Persyaratan Performansi
Sistem akan terhubung melalui jaringan dengan basis data yang saling terhubung.
3.4. Batasan Rancangan
3.4.1. Standar perjanjian. Deksripsi rinci dapat dilihat dalam DOC3
3.4.2. Batasan perangkat keras. Lihat poin 2.1
3.5. Atribut Sistem Perangkat Lunak
3.5.1. Ketersediaan...
3.5.2. Keamanan. Akses setiap pengguna divalidasi dengan password. Staff dapat melakukan penginputan data dan update data, sedangkan Manager hanya dapat mengakses semua data informasi yang dihasilkan.
4. Lampiran
5. Indeks
Download file lengkap tugas PBO (usecase, activity diagram, ERD, dan lain-lain) di sini.
Khusus tampilan, silahkan PM me...
Thanks..
1.1. Tujuan Dokumen Persyaratan
Dokumen persyaratan dan spesifikasi sistem ini dibuat sebagai dasar prosedur dan langkah awal dari proses desain sistem informasi. Dokumen ini ditujukan untuk manager dan staff usaha rental. SRS ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang kebutuhan fungsional dan non-fungsional dari Sistem yang akan dibuat pada Usaha Rental VCD dan DVD.
1.2. Ruang Lingkup
Sistem Ini adalah sebuah sistem yang menggantikan sistem pencatatan konvensional pada penyewaan DVD maupun VCD. Sistem konvensional yang dimaksud adalah sistem pencatatan secara manual pada semua penyewaan kaset dan laporan yang dihasilkan masih manual sehingga laporan data penyewaan dan informasinya masih belum actual dan akurat.
1.3. Definisi, Akronim, dan Singkatan
1.4. Referensi
DOC1, DOC2, DOC3.
1.5. Tinjauan Bagian Dokumen Berikutnya
Bagian 1 merupakan pendahuluan yang memperkenalkan spesifikasi sistem informasi ini kepada pembaca.
Bagian 2 dari dokumen SRS ini menjelaskan deksripsi umum dari sistem informasi.
Bagian 3 dari dokumen SRS ini menjelaskan lebih rinci tentang persyaratan khusus dari sistem informasi ini.
2. Deskripsi Umum
2.1. Perspektif Produk
Pada sistem yang dirancang ini, informasi yang dihasilkan merupakan informasi dimana pada sisi server terdapat operator yang melakukan penginputan data di server dan data-data tersebut disimpan kedalam database. Data inputan tersebut akan menghasilkan informasi pada sisi client yang nantinya dapat langsung dilihat oleh staff.
2.2. Fungsi Produk
Melalui sistem informasi ini, user dapat melakukan akses dengan beberapa fungsi layananan. Fungsi layanan dibagi dalam dua tipe fungsi sebagai berikut:
· Fungsi untuk staff yaitu: login, input data member, input judul film, input data jumlah DVD, input data jumlah VCD, input data penyewaan DVD&VCD, dan input data pengembalian DVD&VCD.
· Fungsi untuk manager yaitu: mencari judul film, melihat data penyewaan DVD/VCD, dan melihat data pengembalian DVD/VCD, serta melihat jumlah dan data-data member.
2.3. Karakteristik Pengguna
Pengguna sistem adalah Manager dan Staff. Manager merupakan Pemilik/Pimpinan Usaha Penyewaan DVD&VCD yang melakukan monitoring terhadap penyewaan DVD dan VCD. Sedangkan staff merupakan petugas/karyawan yang bertugas menginput seluruh data VCD&DVD serta menginput data-data member. Antar muka sistem dan tombol-tombol diharuskan berisi petunjuk penggunaan yang jelas. Pengguna dapat memahami penggunaan sistem tidak lebih dari satu menit. Persyaratan spesifik dijelaskan dalam poin 3.1.1 dan 3.3. Admin dan user/member akan mendapatkan pelatihan penggunaan sistem. Lihat poin 3.1.1.
2.4. Batasan-Batasan Umum
Staff dapat melakukan penginputan data dan update data VCD&DVD serta update data member, sedangkan manager hanya dapat melihat data penyewaan dan pengembalian DVD&VCD, serta melihat data-data member.
3. Persyaratan Khusus
3.1. Persyaratan Antar Muka Eksternal
3.1.1. Antar muka pengguna
Format layar antar muka untuk sistem yang dibangun berwarna biru. Tipe pengaturan layar menu adalah sekuensial (berurut) dengan urutan penyajian menu layanan diawali dengan halaman login, dan selanjutnya pengguna akan masuk pada menu utama dengan menentukan pilihan menu nya. Pilihan menu yang tersedia dan kegunaannya dijelaskan pada DOC 2. User diharapkan sistem yang dibuat dapat dipahami tidak lebih dari satu menit dan admin tidak lebih dari 10 menit.
3.1.2. Antar muka perangkat keras
Spesifikasi perangkat keras (Hardware) yang dibutuhkan untuk menjalankan program ini adalah:
A. Digunakan pada system operasi Microsoft Windows XP®, Microsoft Windows® NT, Microsoft Windows®2000
B. Pentium III-class or higher processor
C. 128 MB – 256 MB of RAM
D. Bisa digunakan untuk barcode render
E. Printer untuk mencetak kartu anggota dan laporan keuangan ataupun yang lain-lain
3.1.3. Antar muka perangkat lunak
Antar muka perangkat lunak lihat di DOC 2. Untuk antar muka yang menghubungkan antar muka pengguna dan basis data hanya diberikan untuk staff dan manager.
3.1.4. Antar muka komunikasi. Jaringan Kabel LAN.
3.2. Persyaratan Fungsional
Fungsi Staff
3.2.1. Login dengan user name dan password.
3.2.2. Pilih menu. Staff dapat memilih menu/fitur yang disediakan oleh sistem. Detail fitur dijelaskan dalam poin 3
3.2.3. Menu input data jumlah DVD & VCD.
Berupa data jumlah DVD & VCD yang tersedia dan DVD/VCD baru yang baru masuk.
3.2.4. Menu input data member.
Terdiri dari 3 pilihan menu, yaitu:
3.2.4.1. Tambah member
Admin dapat menginput username login dan password yang kemudian diberikan kepada member
3.2.4.2. Hapus member
Admin dapat menghapus data ataupun keanggotaan member aktiv.
3.2.4.3. Print Kartu anggota
Admin dapat mencetak kartu keanggotaan member untuk kemudian diberikan kepada member aktif.
3.2.5. Menu Laporan
Berisi menu data penyewaan dan pengembalian VCD/DVD oleh member.
Fungsi Manager
Update data Staff, Melihat data member, serta data pemasukan dan pengeluaran DVD&VCD.
3.3. Persyaratan Performansi
Sistem akan terhubung melalui jaringan dengan basis data yang saling terhubung.
3.4. Batasan Rancangan
3.4.1. Standar perjanjian. Deksripsi rinci dapat dilihat dalam DOC3
3.4.2. Batasan perangkat keras. Lihat poin 2.1
3.5. Atribut Sistem Perangkat Lunak
3.5.1. Ketersediaan...
3.5.2. Keamanan. Akses setiap pengguna divalidasi dengan password. Staff dapat melakukan penginputan data dan update data, sedangkan Manager hanya dapat mengakses semua data informasi yang dihasilkan.
4. Lampiran
5. Indeks
Download file lengkap tugas PBO (usecase, activity diagram, ERD, dan lain-lain) di sini.
Khusus tampilan, silahkan PM me...
Thanks..
Comments
Post a Comment